Sejarah Desa Gebang

Balai Desa Gebang Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso
Balai Desa Gebang Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso

Desa Gebang merupakan salah satu desa di Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso. Pada umumnya setiap desa atau daerah memiliki sejarah dan latar belakang yang merupakan pencerminan dari karakter dan ciri khas dari suatu daerah. Sejarah desa ata daerah sering kali dalam dongeng-dongeng yang diwariskan dari generasi yang tua ke arah yang lebih muda dan bahkan sejarah desa atau daerah dicoba dari mulut ke mulut sehingga sulit untuk dibuktikan, dan tidak jarang dengan mitos tempat-tempat tertentu yang Sakral dan kramat .

Sejarah desa gebang memiliki latar belakang kisah kisah di atas dan tertuang dalam kisahnya Suami istri yang bernama Ki Buntaran dan Nyi Buntaran pada saat membuka areal baru / membabat menemukan pohon pisang yang dirasa aneh dan baru pertama mereka lihat karena pohon pisang yang memiliki daun yang lebar, Dimana kata dalam bahasa madura disebut “gebeng”. Kabar ditemukannya pohon pisang berdaun “gebeng” ini tersiar sampi daerah yang membuat orang berdatangan untuk menyaksikannya dan lama-kelamaan semakin banyak orang yang memilih untuk menghuni daerah tersebut. Dengan bertambahnya waktu dan masuknya warga etnis jawa maka ejaan “gebeng” berganti ejaan menjadi “gebang”. Namun bagi masyarakat beretnis madura sampai saat ini masih menyebut dengan ejaan “gebeng” untuk menamai desanya.

Berikut adalah daftar nama kepala desa gebang yang dalam kurun waktu yang variatif dan merupakan bagian dari sejarah pemerintahan dan pembangunan di desa gebang yang sampai saat ini nama-nama ini masih menjadi bagian erat dalam kehidupan bermasyarakat di desa gebang yang dibuktikan dengan nama-nama ini masih Panggilan dalam setiap acara “selamat desa” untuk menghargai jasa-jasa dalam masa kepemimpinannya, antara lain:

Tidak Nama Kepala Desa Periode Keterangan
1.

2.

3.

4.

5.

6.

Samsuri

Nurkati Hairuddin

San Sakidin

HM Sudari

Didik Dianto

Endang Susilowati

1989-1998

1998-2007

 

 

 

2007-sekarang

 

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.