LOMBA KADARKUM KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN 2017

IMG-20170519-WA0021

Bondowoso – Hukum sebagai bagian integral dari sistem pembangunan nasional, secara strategis merupakan landasan dan menjadi perekat bidang pembangunan lainnya.  Untuk terbentuknya dinding hukum tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso adakan Lomba Keluarga Sadar Hukum, yang dilaksanakan di Aula Sabhabina Praja I Kantor Pemkab Bondowoso, Kamis (18/5).Menurut Agus Heriyanto, Kepala Sub Bagian Bantuan Hukum Pemkab Bondowoso selaku panitia, lomba ini bertujuan untuk memantapkan dan meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat.”Lomba ini sekaligus juga merupakan bentuk sosialisasi dengan tujuan memantapkan dan meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat,” terangnya saat pembukaan.

Agus juga memaparkan, adapun 5 poin dalam lomba ini yaitu, hukum terhadap Undang-undang (UU) Perlindungan Anak, UU Narkotika, UU Lalu-lintas, UU Keterbukaan Informasi Publik dan Informasi Transaksi Elektronik.Ditempat yang sama, Asisten I Pemkab Bondowoso, Agung Tri Handono menyampaikan, seluruh peserta diharapkan tidak hanya sekedar hadir mengikuti lomba, melainkan untuk berdiskusi tentang hal-hal baru mengenai regulasi yang didiskusikan.”Saya harap untuk semua peserta dapat menyerap apa yang sudah diterima pada lomba ini. Agar setelah usai lomba nanti, dapat bermanfaat bagi masyarakat,” harap Asisten.

Lomba Keluarga Sadar Hukum ini merupakan salah satu upaya penyebarluasan informasi dan pemahaman terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk mewujudkan dan mengembangkan kesadaran hukum masyarakat. Menurutnya, kesadaran hukum tidak akan terwujud apabila tidak didukung oleh budaya hukum yang mantap baik oleh aparat penegak hukum maupun masyarakat. Dengan upaya tersebut dapat menciptakan budaya hukum dalam bentuk tertib, taat dan patuh terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Alhamdulilah atas ijin Allah kami Team Kadarkum Desa Gebang mewakili kecamatan Tenggarang berhasil meraih juara II Lomba kadarkum Tingkat kabupaten, kami berharap tahun depan bisa meraih juara I untuk mewakili kabupaten Bondowoso mengikuti lomba Kadarkum di Tingkat Provinsi. Tujuan kegiatan Lomba Keluarga Sadar Hukum ini adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana tingkat pemahaman masyarakat terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan juga sebagai salah satu cara untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak terjerat masalah hukum. Selain itu, agar setiap anggota masyarakat dapat mengetahui dan meningkatkan kesadaran terhadap hak dan kewajibannya sebagai Warga Negara Indonesia serta memahami dan menaati hukum yang berlaku.

 

Penulis  : Cangkoek Wijoyoe Kusuma, SP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *